Pages

Sabtu, 12 Maret 2011

Setting Modem Dial-up GPRS IM3

Tadi siang ada seorang teman yang minta tolong di settingkan kartu IM3-nya untuk modem dial-up,berikut pengalaman saya setting modem dial-up menggunakan kartu IM3,biasanya saat mengaktifkan perdana IM3 gprs nya sudah langsung aktif.
Untuk menjadikan handphone sebagai modem dialup langkah2 nya sebagai berikut :
1. Hubungkan handphone anda dengan komputer.
Hubungan handphone dan komputer dapat dilakukan melalui kabel data, infrared, dan bluetooth. Masing2 bisa saling menggantikan, misalnya kalo handphone anda tidak ada kabel data ya bisa pake bluetooth atau infrared, demikian sebaliknya. Handphone teman saya nokia 3120 classic dengan laptop.
2. Install PC Suite,
Install software PC Suite di laptop atau komputer yang hendak dihubungkan dengan handphone. Bila tidak punya software tersebut bisa download di www.nokia.com , cari apakah handphone anda support PC Suite. PC Suite mensupport beragam jenis koneksi. Kabel, bluetooth, infrared dll.
3. Mengecek Modem (apakah sudah terinstal).
Langkah selanjutnya setting modem dialup. Jika PC Suite sudah terinstal dan handphone anda sudah terdeteksi dengan baik oleh PC Suite berarti modem dapat kita setting, cara mengecek apakah handphone sudah terdekteksi adalah melalui, my computer – properties – hardware – device manager, cek dibagian modems apakah sudah ada Nokia 3120 classic usb modem. Cek apakah modem bekerja dengan baik dengan cara, klik kanan Nokia 3120 classic usb modem – properties – dibagian diagnostics tekan tombol query modem, diagnostic akan berlangsung beberapa saat, hasilnya kita bisa lihat di kolom. Jika modem belum terdeteksi coba cek kabel, coba install software PC Suite nya lagi.
4. Setting nomor dial, user name dan password.
Untuk dapat men-dial ke internet kita harus mengatur nomor dial, user dan passwordnya. Untuk kartu im3
Nomor dialnya : *99***1#
Username :gprs
Password : im3
Untuk mensettingnya, klik tombol start – all programs – accessories -communications – new connection wizards – next – pilih connect to internet – next – pilih set up my connection manually – next - pilih connect using a dialup modem – next - pilih nokia 3120 classic usb modem – next - masukkan isp name (dapat diisi apa aja) – next – masukkan nomor dialnya – next – masukkan user name dan paswordnya - next – centang add a shortcut to this connection to my desktop (bila ingin membuat shortcut di desktop) - finish. Setting selesai. Coba klik dua kali shortcut dialup di desktop tadi.
Proses dial berjalan, verifiying user name and password..registering your computer to the network.. bila berhasil konek akan muncul gambar monitor di systray anda..
Bila error 734 : the ppp link control protocol has terminated terjadi, berarti anda belum bisa koneksi ke jaringan. Hal ini terjadi karena kita belum menambahkan parameter ke modem, tambahkan baris perintah at+cgdcont=1,”IP”,”www.indosat-m3.net” . Caranya, klik kanan my computer – properties – hardware – device manager – modems – pilih nokia 3120 classic usb modem, klik kanan – properties – dibagian advanced – extra settings masukkan baris perintah di situ – OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar