Pages

Senin, 14 Maret 2011

Cara menghilangkan Virtual Keypad aplikasi java di hp touchscreen

Mau berbagi pengalaman nih, mungkin juga bermanfaat bagi temen-temen yang mempunyai hp touchscreen dan gemar menginstall aplikasi atau game java. Yang menyebalkan adalah setelah diinstall, aplikasi atau game tidak tampil fullscreen contohnya di LG GW525 yang saya punya, samsung corby S3650 (pinjem kawan), dan nokian 5800 (ini juga pinjem). Tidak tampil fullscreen karena muncul virtual keypad, yang menurut saya tidak penting dan mengganggu, walaupun saya yakin vendor pasti bermaksud baik dengan menampilkan virtual keypad tersebut.

Setelah tengok sana tengok sini dan mencoba langsung, ternyata virtual keypad itu bisa dihilangkan dengan sedikit memodifikasi file MANIFEST.MF yang ada di setiap file .jar aplikasi ataupun game yang akan kita install.

Setahu saya ada juga vendor yang menyediakan settingan virtual keypad seperti di samsung omnia (ngintip punya tetangga) ada di:

setting->Application mgr->installed apps -> pilih aplikasinya ->options->suite settings->on-screen keyboard -> lalu pilih "off"

Coba lihat di hp anda, mungkin saja sudah ada settingan yang mirip-mirip seperti itu.

Bagi yang hpnya tidak ada setting virtual keypad, mungkin langkah-langkah berikut bisa membantu:
1. Install dulu winrar ke pc, kalau tidak ada bisa diunggah di sini.
2. Buka file .jar yang akan diinstall menggunakan winrar.



3. Double click di folder META-INF, lalu double click di MANIFEST.MF





4. Ini contoh isi file MANIFEST.MF




5. Selanjutnya, tinggal ditambahkan sedikit script di file MANIFEST.MF:
- LG

LGE-MIDlet-Height: 400
LGE-MIDlet-Width: 240


atau

LGE-MIDlet-TargetLCD-Height: 400
LGE-MIDlet-TargetLCD-Width: 240

Contoh di atas adalah untuk ukuran pixel 240x400, disesuaikan dengan resolusi hp.

- Nokia
Nokia-MIDlet-On-Screen-Keypad: no

- Samsung
MIDlet-Touch-Support: true
Navi-Key-Hidden: true

6. Kalau sudah, tinggal disave, lalu copy file .jar ke hp, lalu install.
7. Selesai

Itu saja sih pengalaman ngotak-ngatik file .jar buat menghilangkan virtual keypad, semoga saja bermanfaat.

6 komentar:

  1. permisi, numpang copy tulisan di atas. saya nyari aplikasi Quran untuk hp touch screen tapi ga dapat. kalau untuk memunculkan apa diutak-atik File MANIFEST?

    BalasHapus
  2. postingan di atas adalah tips merubah ukuran pixel agar cocok untuk pixel hp kita,kadang2 aplikasi Hp touchscreen kita install ada dua virtual keypadnya,satu virtual keypadnya Handphone dan satunya virtual keypadnya aplikasi yang kita install,..tips d atas kita pakai apabila kita ingin memakai salah satu virtual keypadnya dengan merubah MANIFEST itu...
    thanks...

    BalasHapus
  3. gan kok saya nyoba kaga berhasil ya,apakah ada yang salah?? padahal saya sudah mengikuti tutor yang diatas. mohon pencerahannya ya.. hp saya samsung gt s-3653 Thanks........

    BalasHapus
  4. Kadang-Kadang Memang Ada Game Yang Emang G Cocok Gan,..Coba Dulu Cari Game Dengan Ukuran 240x320 itu Lebih Mudah Utak-Utik MANIFESTnya,..dan Kebanyakan Cocok,..Atau Jika Memang G Bisa Itu Game Memang G Cocok Untuk Hp Agan...Atau Coba Download Yang Versi Lainnya...

    BalasHapus
  5. HP saya khan touch scree, pingin huruf yang gede2 saat ngetik sms ada ga yah aplikasi java untuk ngetik sms..thx

    BalasHapus
  6. Thanks banget broo.... 100% berhasil dihp lg gw525.

    BalasHapus